Ratusan Kades Diberi Bekal Penggunaan Dana Desa

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Ratusan Kepala Desa di Tuban mendapat sosialisasi Dana Desa (DD) dan tim pengawal dan pengamanan pemerintah dan pembangunan daerah (TP4D) dari kejaksaan negeri Tuban, bertempat di pendopo kridha manunggal, Kamis (24/8/2017).

Para kepada desa yang hadir diberi pembekalan terkait penggunaan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017, agar penggunaannya tepat untuk pembangunan desa.

Disampaikan Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Tuban, Arga Hutagalung, kegiatan ini adalah untuk memberikan bekal materi pada semua kepala desa dalam mengelola Dana Desa (DD).

"Ini untuk memberikan materi bagaimana cara mencairkan DD yang tepat dan sesuai dengan yang dijelaskan dalam kegiatan ini," kata Arga kepada blokTuban.com

Dia menjelaskan, selama ini mungkin masih banyak kepala desa yang takut dalam menggunakan anggaran yang bersumber dari negara tersebut. Sebab, jika salah dalam prosedurnya dan berakibat pada kerugian negara, maka bisa masuk pidana korupsi.

"Intinya kegiatan ini ingin memberikan pemahaman bagaimana mengelola DD yang benar dan dipergunakan untuk desa sebaik mungkin," terangnya.

Data yang diperoleh blokTuban.com dari kesekretariatan, ada sebanyak 211 Kepala Desa yang hadir. Jumlah tersebut lebih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah total desa yakni 311 Desa.[nok/ito]