Serapan OPD Minim, Komisi A Minta Inspektorat Pelototi Kinerja Pejabat

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Minimnya serapan anggaran yang dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Tuban pada tahapan realisasi, membuat komisi A mengkritisi kinerja dari pejabat Dinas. Bahkan Komisi A juga meminta peran kontrol efektif dari Inspektorat dalam menilai kinerja pejabat dimasing-masing Dinas.

"Kalau serapan anggaran yang dilakukan Dinas minim, maka inspektorat harus memberikan kontrol lebih, harus pelototi pejabatnya," kata ketua Komisi A DPRD Tuban, Agung Supriyanto kepada blokTuban.com, Senin (21/8/2017)

Menurut dia, seperti minimnya serapan di Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dalam realisasi anggaran itu juga perlu mendapat kontrol yang tegas dari Inspektorat, demi pembangunan Kabupaten Tuban kedepannya.

Tak hanya DPU saja, bahkan jika ditemukan serapan minim di beberapa dinas lainnya, maka perlu mendapatkan kontrol inspektorat pula. Di sinilah peran inspektorat sebagai kontrol eksekutif diperlukan.

"Inspektorat harus lebih memelototi kinerja pejabat dinas, beri penilaian objektif," pungkas politisi PAN tersebut.[nok/ito]