Kemendikbud RI Sempat Berkolaborasi Karawitan dari Parengan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Penampilan Kelompok/Group Karawitan 'Yoga Laras' dari Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sukorejo 1, yang dinaungi 'Sanggar Ngripto Raras' Desa Sukorejo, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban di Istana Negara mampu menghipnotis tamu-tamu penting kenegaraan yang hadir.

Kelompok kesenian yang terdiri dari 14 anggota tersebut, melaksanakan tugasnya dengan lancar dan sukses sesuai dengan waktu yang ditentukan. Tak pelak kesuksesan saat pentas di Istana Negara dalam rangka HUT RI ke-72 itu pun mendapatkan banyak pujian dan sanjungan dari tamu yang hadir.

Salah satunya, dari informasi yang berhasil dihimpun blokTuban.com, pujian itu disampaikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr Muhadjir Effendy.

"Penampilan dari Group Karawitan kami disanjung bapak Kemendikbud RI," kata Pembina Sekolah, Joko Subianto saat dikonfirmasi blokTuban.com.

Sementara itu, Eko Ketua Sanggar Ngripto Raras menambahkan, disamping Kemendikbud RI memuji penampilan kelompok seni karawitan dari Tuban. Kemendikbud juga sempat berkolaborasi dan bertanya-tanya tentang kelompok karawitan dari Tuban.

"Pak Mendikbud sempat berkolaborasi dengan Genes (Pemain Gendang Perempuan), beliau tanya ini kelompok karawitan darimana? Kemudian beliau mau mengundang anak-anak untuk pentas di Kemendikbud," tambah Eko melalui pesan singkat

Informasi yang diterima blokTuban.com, kelompok karawitan dari parengan tersebut pentas di Istana Negara dengan membawakan sebanyak 10 gending. Dan dari informasi terakhir kelompok tersebut dalam perjalanan kembali ke Tuban.[hud/ito]