Dewan Ngotot Tunjangan PNS Dinaikkan

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban, meminta tunjangan gaji pejabat atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dinaikkan.

Para wakil rakyat meminta hal tersebut bukan tanpa alasan. Anggota dewan menilai, minimnya tunjangan yang didapat oleh para PNS membuat kinerjanya tidak maksimal, sehingga berpengaruh dalam mensukseskan program-program Bupati dan Wakil Bupati.

Ketua Komisi A DPRD Tuban, Agung Supriyanto mengatakan, kenaikan tunjangan PNS ini sangat diperlukan bagi pejabat itu sendiri dan juga bagi pemerintah kabupaten. Sebab, disadari atau tidak tentu hal ini berdampak pada kualitas kinerja.

Dengan problematika Pemerintah Kabupaten Tuban yang cukup serius, di antaranya peningkatan kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia yang masuk peringkat 27 di Jawa Timur dan penilaian mutu pelayanan oleh Kementerian Menpan RB yang mendapat nilai C, maka persoalan ini perlu diurai.

"Apa yang kurang dari kinerja OPD, Semua OPD juga sudah mempunyai program untuk mengentaskan kemiskinan, namun kenyataannya tidak ada yang berubah, bahkan penyerapan anggaran juga tidak maksimal," ujar Agung kepada blokTuban.com

Dengan realitas demikian, pria yang juga sebagai ketua DPD PAN Tuban itu menyebut, Pemerintah kabupaten perlu untuk menaikkan tunjangan PNS. Karena dari hasil diskusi oleh beberapa lintas fraksi, bahwa minimnya tunjangan ini berpengaruh pada kinerja PNS.

"Sudah banyak program pengentasan kemiskinan oleh OPD, tapi hasilnya mana tidak ada, karena tidak diimbangi dengan capaian kinerja PNS," ungkap dia.

Hal sama juga disampaikan anggota Fraksi PDI-P, Andhi Hartanto. Menurut dia, tunjangan PNS jangan dinilai secara mentah bahwa pejabat meminta kenaikan gaji secara instan. Tetapi dalam hal ini, lebih pada pembahasan capaian kinerja yang perlu diberikan penghargaan.

"Selama ini kinerja PNS biasa-biasa saja, meski banyak program pengentasan kemiskinan dari OPD yang bersangkutan. Program ya tidak dijalankan, sehingga penyerapan anggaran minim. Oleh karena itu perlunya peningkatan tunjangan bagi pejabat atau PNS," pungkas pria yang juga sebagai ketua DPC PDI-P Tuban.[nok/ito]

 

Ilustrasi: .net