Perdana, Kesenian Tuban Pentas di Istana Negara

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kesenian Karawitan 'Yoga Laras' dari Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sukorejo 1, yang dinaungi 'Sanggar Ngripto Raras' Desa Sukorejo, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban, merupakan kesenian dari Tuban yang pertama kalinya mendapatkan kesempatan untuk pentas di Istana Negara.

Hal itu diakui oleh pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, melalui Staf Bidang Kebudayaan Disparbudpora Tuban, Ariesman menuturkan, kesenian karawitan ini merupakan kesenian yang di Kabupaten Tuban yang mendapat kesempatan pentas di Istana Negara.

"Ini sangat luar biasa, karena tidak sembarangan Kesenian yang bisa pentas di luar gedung maupun dalam gedung Istana Negara," ungkap Ariesman, Senin (14/8/2017).

Ia menambahkan, untuk pentas di Jakarta memang sudah menjadi rutinitas bagi kesenian di Tuban, namun tidak untuk di Istana Negara. Biasanya, pentas hanya dilaksanakan di Taman Mini dalam rangka berpartisipasi dalam kegiatan tertentu.

"Sanggar Ngripto Raras Desa Sukoharjo memang bagus dan sering kali mewakili Kabupaten Tuban di ajang-ajang Pekan Seni Pelajar tingkat Jatim maupun di perlombaan kesenian yang lain," tuturnya.

Ia berharap, seni karawitan yang akan pentas di Istana Negara ini berjalan lancar dan sukses. Sehingga bisa dikenang oleh keluarga Istana Negara.[hud/col]