Penutupan Patung Kong Co Sudah Capai 80 Persen

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Penutupan patung Kong Co Kwan Sing Teen Koen di Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, dengan menggunakan kain sudah mencapai progres 80 persen.

Patung setinggi 30 Meter itu akhirnya harus ditutup karena menimbulkan polemik. Proses penutupan patung yang sudah dilakukan sejak kemarin Sabtu itu, belum berhasil sepenuhnya karena ada beberapa faktor yang menghambat kinerja petugas yang dibawahi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiyono mengatakan, progres penutupan patung dengan menggunakan kain sudah mencapai 80 persen hingga siang ini.

Sebenarnya, jika cuaca dan postur bangunan patung mendukung, maka pengerjaan harusnya bisa lebih cepat. Sebab, sudah dikerjakan sejak Sabtu siang. Petugas yang ada di atas juga kesulitan dalam proses penutupan patung tersebut.

"Sudah hampir selesai ini, tinggal sedikit," kata Joko kepada wartawan di lokasi, Minggu (6/8/2017)

Mantan Camat Widang itu melanjutkan, pada proses penutupan banyak sekali kain yang sobek, yang disebabkan oleh angin kencang dan juga bentuk patung yang terbilang cukup rumit itu.

"Kita masih berusaha menutup bagian patung yang belum terbalut kain, agak susah memang, tapi tinggal sedikit,"  pungkasnya.

Berdasarkan tenggat waktu, proses penutupan patung dengan menggunakan kain harusnya bisa diselesaikan pagi tadi. Namun, karena angin kencang membuat petugas kesulitan menutupnya.[nok/col]