Mahasiswa Berikan Pelatihan Bahan Pangan Alternatif dari Ampas Tahu

Pengirim: Sifah Nur

blokTuban.com - Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban diharapkan dapat memberi kontribusi besar bagi masyarakat. Begitu pula Pemberdayaan Masyarakat diangkat sebagai tema utama KKN tahun ini. Implementasi ilmu yang dimiliki mahasiswa dituntut cerdas untuk bekerja nyata selama mengabdi pada masyarakat.

Inovasi tepat guna menjadi pilihan untuk bisa memanfaatkan dan mengelola potensi desa. Dibuktikan oleh salah satu kelompok KKN-PM Unirow yang bertugas di desa Tanggir kecamatan Singgahan. Potensi desa yang memiliki industri rumahan pembuatan tahu dipilih untuk jadi sorotan program kerja bidang ekonomi.

“Kami mencoba memilih mengadakan pelatihan produk olahan berbahan dasar tahu yang mudah didapat masyarakat desa. Kebetulan terdapat produksi tahu yang dikelola oleh beberapa warga di desa ini,” ungkap Siti Rukmini sebagai penanggung jawab kegiatan ekonomi.

Pelatihan dilaksanakan bersama warga di Balai Desa Tanggir pada Minggu (6/8) siang. Mayoritas warga yang hadir adalah para ibu yang antusias dengan kegiatan memasak. Mereka dikenalkan dengan tiga olahan makanan yang menambahkan tahu sebagai bahan utamanya. Mulai dari pizza tahu, nugget tahu, hingga kue kering nastar yang dibuat berbeda. Olahan ampas tahu yang sebelumnya telah dijadikan tepung dipergunakan sebagai tambahannya.

“Warga masih banyak yang belum mengetahui jika ampas tahu memiliki banyak manfaat dan gizi yang cukup untuk tubuh. Sehingga dapat dimanfaatkan selain menjadi pakan ternak atau olahan tempe gembus saja.” Ungkapnya.

Sebagai wujud pengabdian pada masyarakat, pelatihan tersebut diharapkan mampu mengajak warga agar bisa memanfaatkan potensi desa menjadi ladang tambahan ekonomi warga. Serta inovasi bahan pangan alternatif yang sarat gizi. [ito]