Ratusan Pemuda Ikuti Akademi Banser di Rengel

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Ratusan pemuda mengikuti Akademi Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang diadakan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Rengel, di lapangan Desa Pekuwon, Rengel, Tuban, Kamis (3/8/2017).

Ketua PAC GP Ansor Rengel, M Mudzir mengatakan, Akademi Banser ini digelar sebagai upaya strategis pendidikan kader muda Nahdlatul Ulama (NU) untuk menghadapi tantangan di masa depan. Pada kesempatan ini, jelas dia, 120 peserta diberi pengetahuan dasar tentang Ke-NU-an, Kebanseran, Aswaja, dan Amaliyah-Amaliyah NU untuk membentengi diri.

"Tujuannya, peserta bisa membentengi diri mereka dari paham Islam Radikal yang disinyalir dapat memecah Persatuan dan Kesatuan NKRI," sergah Mudzir.

Selain itu, kegiatan yang bertemakan 'Bela Negara Bukan Hanya Tugas, Tapi Sudah Menjadi Bagian Dari Keimanan' itu diharapkan mampu membangun kesadaran pada diri kader tentang An-Nahdliah li-Indonesia, sebagai spirit dan energi gerakan.

Selama tiga hari (3-5/8/2017) peserta akan dibentuk menjadi kader yang memiliki kapasitas kepemimpinan gerakan, demi meneruskan cita-cita organisasi dan perjuangan para Ulama NU.

"Secara organisasi, akademi Banser ini bertujuan menyiapkan kader-kader pemimpin tingkat menengah dalam tubuh GP Ansor," beber Mudzir panjang lebar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun blokTuban.com menyebutkan, Akademi Banser yang digelar PAC GP Ansor Rengel ini merupakan angkatan ke dua. Di dalamnya terdapat dua agenda besar, yakni Diklatsar Banser dan Bhakti Sosial penebaran 10.000 bibit ikan Nila di Waduk Ngerong Pekuwon. [rof/ito]