Niat Foya-foya, Pemuda ini Bobol Kotak Amal

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Lagi-lagi, sebuah masjid menjadi sasaran empuk pencurian di Kabupaten Tuban, Jawa Timur Kali ini, Masjid Rahmad di Jl. Diponegoro, Kelurahan Latsari Kecamatan/Kabupaten Tuban menjadi sasaran empuk pencuri yang diduga dilakukan seorang pemuda asal Semanding, kabupaten yang sama.

Berdasarkan informasi yang dihimpun blokTuban.com menyebutkan, kejadian terjadi Selasa (1/8/2017) siang, sekitar pukul 11.05 WIB. Pintu masjid yang sebelumnya tertutup, tiba-tiba diketahui seorang saksi dalam keadaan terbuka.

"Awalnya Sutoyo curiga dengan keadaan pintu masjid terbuka. Padahal menurut pria yang menjadi satpam itu, sebelumnya pintu dalam keadaan tertutup," ungkap Kapolsek kota, Kompol Kompol Supar kepada blokTuban.com, Selasa (1/8/2017).

Mendapat hal tersebut, lanjut Supar, saksi memeriksa ke dalam masjid. Ternyata di dalam masjid mendapati pencuri berinisial AR (22) yang sedang melancarkan aksinya.

Menurut keterangan yang didapat wartawan media ini, pelaku yang memiliki latar belakang penjaga optik itu nekat mencuri uang kotak amal untuk berfoya-foya. Tersangka mengambil uang jariyah itu dengan cara membuka dan merusak kotak amal.

"Saat itu juga, saksi langsung mengamankan pelaku dan melaporkan kejadian ke Polsek Kota Tuban," sambung Perwira Polri itu.

Sebagai barang bukti, petugas Kepolisian mengamankan tersangka bersama satu kotak amal dalam keadaan rusak dan uang tunai Rp552.000. Atas perbuatannya, pemuda nekat itu disangka dengan pasal 363 ayat 5e KUHP. [rof/ito]