Koper CJH Diberi Tanda Unik, ini Alasannya

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Beragam cara unik dilakukan oleh Calon Jamaah Haji (CJH) terhadap kopernya masing-masing agar tidak tertukar.

Para calon tamu allah tersebut, memberikan tanda khusus agar kopernya mudah dikenali dan tidak tertukar dengan koper milik Calon jamaah haji lainnnya. Seperti memberikan gantungan Boneka, botol air minum, kabel, pelampung dan juga sandal.

Calon Jamaah Haji (CJH), Fahmi Misalnya, dia memberikan gantungan sandal atas koper miliknya, dengan tujuan agar tidak mudah tertukar dengan koper jamaah haji lainnnya.

"Saya beri tanda gantungan sandal dan saya beri nama, agar mudah dicari saat dikumpulkan menjadi satu dengan koper lainnya," ujarnya.

Sementara itu, Calon Jamaah Haji lainnya, Sujito juga mengatakan hal sama. memang menjadi solusi agar koper tidak mudah tertukar adalah dengan memberikan tanda sesuai kehendak atau selera masing-masing.

Hal itu dinilai efektif untuk mengetahui atau mengenali koper setiap calon jamaah haji, agar mudah saat mencarinya, manakalaah koper menjadi satu dengan koper milik calon tamu allah lainnya.

"Koper milik saya, saya beri tanda kabel, agar saya mudah mencarinya saat dikumpulkan dengan koper Calon jamaah haji lainnya," pungkasnya.

Hal itu juga dibenarkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Tuban, Sahid. Menurut dia, hal seperti ini sudah menjadi tradisi bagi calon jamaah haji dalam memberikan tanda atas masing-masing koper bawaannya.

"Tujuannya agar tidak tertukar, namun tidak semua menggunakan tanda tersebut. Ada yang menggunakan ada juga yang tidak," singkat Kepala Kemenag.[nok/ito]