Puluhan Santri Ikuti Kelas Menulis Ramadan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Senin siang (19/06/2017), Komunitas Kali Kening (K3) menggelar Kelas Menulis bersama puluhan santri Madrasah Diniyah (Madin). Kegiatan komunitas literasi Tuban selatan itu, terlaksana dalam rangkaian acara Kemah Ramadan Madin Al-Isyroq Desa Bate Kecamatan Bangilan (Tuban).

Acara yang diikuti tak kurang dari 70 santri ini dipandu oleh Linda Tria Sumarno, anggota Komunitas Kali Kening yang baru saja menerbitkan buku kumpulan cerpen berjudul 'Eutanasia' dan berjalan dengan begitu meriah.

“Senyum anak-anak begitu sumringah dan nampak begitu antusias mendapat materi menulis dari teman-teman Komunitas Kali Kening,” ujar Rohmat Sholihin, koordinator acara.

Lebih lanjut lagi, lelaki yang akan menerbitkan buku berjudul 'Rindu Itu Berganti Hujan' itu menerangkan bahwa secara keseluruhan acara ini dibagi menjadi tiga sesi.

Sesi pertama, dengan materi Peran Menulis dalam Islam bersama dia sendiri. Lalu sesi kedua tentang Free Writing yang disampaikan oleh Joyojuwoto. Sedangkan sesi terakhir adalah praktik menulis.

"Anak-anak langsung menulis dengan didampingi oleh mentor dari teman-teman Kali Kening," beber pria yang juga pendidik di salah satu Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Bangilan itu.

Setelah sesi terakhir selesai, panitia mengumpulkan dan menilai hasil tulisan santri. Kemudian pemateri memberikan hadiah bagi tulisan yang dianggap paling menarik.

Di sisi lain, terdapat seorang santri perempuan tidak henti-hentinya mengumbar senyum. Wujud kebahagiaan tidak bisa ia sembunyikan lantaran hasil tulisannnya yang terpilih menjadi karya terbaik.

“Saya senang sekali, dapat ilmu baru tentang menulis dan juga dapat buku gratis. Nggak nyangka karya saya yang dipilih. Jadi tambah semangat belajar menulis,” ucap Alvia Nuril Hidayah (15) salah satu peserta Kelas Menulis yang beruntung mendapatkan hadiah dari panitia. [rof/ito]