PWI: Jatim, Dominasi Angka Wartawan Bersertifikasi

Reporter: Sutopo/blokBojonegoro.com

blokBojonegoro.com - Lebih dari 900 Wartawan di Jawa Timur saat ini telah bersertifikasi. Menurut Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI), jumlah tersebut mendominasi dibandingkan provinsi-provinsi lain di Indonesia.

Hal itu disampaikan, oleh Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ahmad Munir saat sambutan Uji Kopetensi Wartawan (UKw) di Tuban, Rabu, (14/6/2017) di Auditoriun, PT. Semen Gresik, Tuban.

Ia menambahkan, selama ini PWI di Jatim sudah melaksanakan UKW hingga angkatan ke XVIII (delapan belas), selama 5 angkatan terakhir diback up oleh PT. Semen Gresik (Semen Indonesia Group).

"Jadilah wartawan profesional, yang berkerja, yang karya jurnalisnya bermanfaat bagi masyarakat," harapnya.

Lebih lanjut dikatakan, Munir, semua peserta yang ikut ujian diharap untuk serius sehingga bisa lulus dan bisa melaksanakan tugas-tugas selanjutnya.

"Kami (PWI), selalu meningkatkan kualitas wartawan perlu ditingkatkan," bebernya.


Saat ini, sambung Munir, PWI Jatim berkerja sama dengan Mayapada Bank, yang isinya mendapat dana 1 miliar, sebagian untuk beasiswa S2 di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

"Malu jika wartawan nggak berkompetensi. Kita akan melawan wartawan penipu yang pakai rompi pakai pena punya kartu 5 pers. Jadilah wartawan bekerja hati nurani. Kita akan lawan berita hoax," tegas Munir, pada peserta UKW. [top/lis]