Pekan ke Dua Puasa, Penjualan Naik Signifikan

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Memasuki pekan ke dua bulan Ramadan, penjualan buah pada sejumlah pedagang di sekitaran Tuban kota mengalami peningkatan signifikan.

Bermacam buah segar menjadi sasaran utama rumah tangga. Seperti blewah, jeruk, melon dan semangka kerap dibeli masyarakat setiap harinya.

"Jika rata-rata penjualan buah setiap hari tidak lebih dari satu kuintal, kini bahkan setiap sore panjualan buah mencapai kisaran 1 kuintal," kata

Ari, di lapak jualannya yang ada di Pasar Baru Tuban mengatakan dari beberapa jenis buah setiap hari menghasilkan pundi rupiah yang meningkat dibanding bulan-bulan biasa. Namun tidak menutup kemungkinan banyak penjual buah dadakan saat Ramadan menyedot pembeli yang biasanya datang ke kiosnya.

"Penjualan masih kencang (laku keras, red). Utamanya buah blewah yang kini tiap hari mampu menjual sekitar satu kuintal dengan harga tiap kilogramnya mencapai Rp 5.000 hingga Rp 7.000 tergantung kondisi buah," katanya, Minggu (11/6/2017).

Sementara itu, Isnaini penjual buah di jalan protokol mengungkapkan selama Ramadan sebagian besar pembeli tetap atau mereka yang kerap membutuhkan buah untuk jus. "Tapi ada peningkatan sekitar 40 persen dari hari bisanya," ujarnya.

Rata-rata buah yang banyak diburu orang diantaranya semangka dengan harga tiap kilogramnya Rp 8.000, blewah tiap kilogramnya Rp 6.000 hingga Rp 7.000, apel malang kualitas A seharga Rp23 ribu perkilogram, duku seharga Rp30 ribu perkilogram, klengkeng Rp40 ribu perkilogram dan jeruk sebesar Rp30 ribu perkilogram.[dwi/ito]