Rencanakan Wisata Religi, Musala Makam Haryo Tedjo Selesai Dibangun
Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bupati Tuban, H.Fathul Huda berencana menjadikan makam Kanjeng Raden Tumenggung Haryo Tedjo di Desa Dagangan, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban salah satu tempat wisata religi di Bumi Wali.

Bupati Tuban, H.Fathul Huda mengatakan, makam Bupati ke-VII Tuban tersebut akan menjadi salah satu makam yang menjadi tujuan ziarah Pemerintah Daerah (Pemda) saat Hari Jadi Kabupaten Tuban.

Rencana tersebut rupanya sudah mulai direalisasikan dengan menggelontorkan dana dari APBD. Makam tersebut telah dibangunkan musala, tangga dan area makam telah dipaving.

Kepala Desa Dagangan, Sri Endang Mudawamah saat dikonfirmasi mengatakan, hingga saat ini pembangunan musala dan yang fasilitas lainya di area makam Syekh Kanjeng Raden Tumenggung sudah selesai.
"Pembangunan musala sudah selesai, namun belum dipergunakan untuk aktivitas salat," ujar Kades setempat.

Terpisah, Ketua Pengurus Makam Syekh Kanjeng Raden Tumenggung Haryo Tedjo, Nur Faqih mengungkapkan, pembangunan musala sudah selesai dan tinggal diresmikan. "Alhamdulillah sudah selesai dan sudah bisa ditempati untuk salat warga sekitar, juga sudah digunakan musyawarah pengurus," katanya saat dihubungi blokTuban.com.

Menurutnya, selain pembangunan musala dan fasilitas diarea makam. Bupati Tuban juga berencana untuk melebarkan jalan menuju makam, agar dapat dilewati oleh bus pariwisata.

Sementara itu, Pembina yayasan Al-Mubarrot sekaligus pengurus Aswaja Center Pemkab Tuban, Fathurohman mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Tuban yang telah memberikan perhatian kepada Makam Kanjeng Raden Tumenggung Haryo Tedjo.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tuban yang telah memberikan perhatian kepada makam Haryo Tedjo," ujarnya.[hud/col]