Hampir Sebulan, Nelayan Bulu Tak Melaut

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Bulan Ramadan seperti menjadi ujian bagi nelayan Bulu Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban. Di bulan suci ini, nelayan yang berada di kawasan barat pantai Tuban itu tidak melaut. Bukan karena malas saat menjalankan ibadah puasa, melainkan karena cuaca buruk yang terjadi sehingga mempengaruhi hasil tangkapan ikan.

Menurut salah seorang Nelayan Purse sein, Huda mengatakan, kondisi tidak adanya nelayan yang melaut ini sudah terjadi hampir satu bulan. Mulai dari sebelum puasa hingga sekarang.

Dia membeberkan, faktor yang menyebabkan nelayan enggan melaut adalah karena hasil tangkapan ikan sepi. Diakibatkan oleh cuaca buruk yang hampir satu terjadi selama satu bulan ini.

"Cuacanya buruk, baik ombak, arus dan angin semuanya tidak bersahabat. Dan itu berpengaruh pada hasil tangkapan ikan," Katanya kepada blokTuban.com, Kamis (8/6/2017)

Hal tersebut juga dibenarkan nelayan lainnya, Nardi. Bahwa sampai pelaksanaan puasa saat ini memang tidak ada aktifitas nelayan yang melaut. Hal itu disebabkan karena cuaca buruk yang terjadi selama hampir satu bulan ini.

"Kita sudah tidak melaut semenjak akan memasuki Puasa, dan sampai sekarang juga belum melaut," pungkasnya.

Kondisi cuaca buruk seperti sekarang ini membuat perahu nelayan memadati pelabuhan ikan Bulu. Sebab tidak ada aktifitas melaut sampai sekarang.[nok/ito]