Festival Tongklek Sekarasidenan Bojonegoro Meriahkan Ramadan

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Berbagai bentuk arak-arakan tampak benderang dihiasi lampu warna-warni. Bertempat di lapangan Adi Putra Kedungsoko, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban rupanya festival tongklek tengah berlangsung.

Festival khas saat puasa ini sengaja diselenggarakan untuk memeriahkan bulan Ramadan 1438 H. Kegiatan melibatkan beberapa daerah sekarasidenan Bojonegoro yang meliputi Bojonegoro, Tuban, Lamongan

Kegiatan yang diinisiasi Karang Taruna "Tunas muda" Desa Kedungsoko, Kecamatan Plumpang, Kabupatrn Tuban, berlangsung Sabtu malam (3/6/2017).

Ketua Karang Taruna Tunas Muda, Untung Nusantara mengatakan, tujuan diadakanya festival ini tidak lain untuk menampung minat bakat pemuda. Selain itu bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila dapat diperingati dengan berkegiatan positif.

"Semoga dengan di adakanya acara ini, bisa menambah rasa cinta pada budaya asli Indonesia yakni tongklek," ujar Untung.

Sementara itu, Kepala Desa Kedungsoko H Rahmad menambahkan, adanya kegiatan ini cukup menarik dan patut diapresiasi. "Diharapkan keanggotaan karang taruna kian kreatif dalam melaksanakan kegiatan kepemudaan," tuturnya.

Setiap peserta menampilkan kreasi memainkan alat musik yang dominan berasal dari bambu dan alat lainnya ini. Satu persatu 24 peserta dari tiga  kabupaten tersebut menampilkan kebolehannya hingga larut malam. Selain menunjukkan  kepiawaian memainkan alat musik, arak-arakan yang menjadi maskot tiap grup dihiasi lampu bermacam warna dan menambah kemeriahan malam.

Seperti yang dilakukan salah satu peserta dari Desa Ke Kecamatan Plumpang, Soleh mengaku menikmati bermain tongklek dalam festival yang melibatkan peserta luar daerah tersebut.

"Senang bisa ikut festival ini, inginnya setiap tahun diadakan festival semacam ini," kata laki-laki asal grup musik tongklek Ndoro Bei itu.[dwi/col]