GMNI Peringati Hari Lahir Pancasila di Monumen Adpada Pancasila

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Tuban, menggelar peringatan hari lahir Pancasila di Monumen Adpada Pancasila, yang berada di Jalan RE. Marthadinata Tuban.

Dengan membawa lilin dan mengelilingi monumen Pancasila, puluhan mahasiswa tersebut melakukan orasi kebangsaan, baca puisi serta ditutup dengan diskusi mengenang Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Melalui Peraturan Presiden Nomor 24 Tahun 2017 tentang penetapan hari lahirnya Pancasila. "Ini bukan pertama kalinya kita melakukan peringatan hari Pancasila, namun kita sebagai warga negara indonesia telah mengakui bahwa Pancasila lahir pada 1 Juni," terang Ketua DPC GMNI Tuban, Nabrisi Rohid.

Dijelaskannya, Pancasila sebagai hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945, yang dipidatokan oleh Ir. Soekarno pada sidang BPUPKI sebagai embrio lahirnya Pancasila. Dari pidato Soekarno tersebut dirumuskan Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

Masih kata Ketua DPC GMNI Tuban, Pancasila sebagai dasar negara indonesia sudah bersifat final, maka sudah selayaknya generasi bangsa ikut mengawal dan mengimplementasikan pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," katanya.

Nabrisi Rohid menambahkan, GMNI selalu siap menjadi pengawal Pancasila, serta siap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). GMNI juga harus menjadi garda terdepan terhadap organisasi-organisasi yang berpaham radikalisme yang mengancam Pancasila dan NKRI.

“Dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila kita dapat hidup rukun antar sesama manusia. bergotong royong sebagai bentuk dari intisari Pancasila,” pungkasnya. [hud/rom]