Bupati: Masyarakat Harus Aktif Kuatkan Nilai Pancasila
Reporter: Dwi Rahayu
 
blokTuban.com - Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, Kamis (1/6/2017) di halaman Pemkab Tuban menjadi momentum menguatkan kembali nilai-nilai​ Pancasila. 
 
Bupati Tuban, Fathul Huda dihadapan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah  (Forkopimda) serta Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Tuban mengatakan kodrat warga Indonesia adalah kebinekaan. Hal itu sesuai dengan  amanat yang disampaikan Presiden RI, Joko Widodo. 
 
Namun dalam perjalanan saat ini ada kerap ditemukan sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila. Tidak kalah penyalahgunaan media sosial yang banyak menggaungkan hoax alias kabar bohong pula meresahkan.
 
“Kita bisa hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan negeri. Dengan Pancasila, lndonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai, adil dan makmur di tengah kemajemukan,” kata Bupati dua periode ini.
 
Oleh karena itu, dia mengajak peran aktif para tokoh agama masing-masing pendidik, aparat keamanan hingga pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi untuk menjaga Pancasila. Pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus  terus ditingkatkan. 
 
Seperti diketahui, lahirnya pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan lr. Sukarno, Piagam Jakarta  tanggal 22 Juni 1945. Serta rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.
 
“Adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita," tandasnya.[dwi/ito]