TPT Longsor di Bringin Dalam Tahap Perbaikan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Tembok Penahan Tanah (TPT) sepanjang kurang lebih 30 meter, di Desa Bringin, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban yang longsor sejak beberapa bulan lalu kini sudah dalam tahap perbaikan.

Dengan menggunakan dana APBD Kabupaten Tuban, TPT yang berada di samping jalan poros desa tersebut, sudah dalam pengerjaan tender proyek beberapa hari ini.

Dari pantauan blokTuban.com, di dekat TPT yang longsor tersebut sudah terdapat bahan material, seperti halnya pasir, batu dan besi. Di samping itu, tanah sudah dibersihkan dan tinggal dipondasi.

"Saat ini sudah mulai dikerjakan, ternyata penyebab longsornya TPT itu dikarenakan di Desa Bringin minim saluran air atau plengsengan," kata Kepala Desa (Kades) Bringin, Subandi, Rabu (31/5/2017).

Ia mengatakan, diperkirakan longsornya TPT itu sudah sekitar satu tahun yang lalu, dan telah memakan badan jalan. Sehingga, sangat membahayakan pengguna jalan. Apalagi jalan itu adalah jalan poros desa.

"Jalan itu adalah poros desa, tapi bisa saja menuju ke Kecamatan Parengan," tandasnya.

Subandi berharap, agar di Desa Bringin ini plengsengannya ditambah lagi, dan bisa memadai saat hujan deras. Hal itu dikarenakan kondisi wilayahnya adalah pegunungan.[hud/col]