Diskoperindag: Harga Cabai dan Bawang Putih Terpantau Naik

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Memasuki awal bulan Ramadan ini, sejumlah kebutuhan pangan kian bertambah. Tak pelak, dua komoditas bawang putih dan cabai masih berada pada trend naik lantaran permintaan pasar masih cukup tinggi.

Kepada blokTuban.com, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perekonomian Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, Bhismo S Adji membenarkan hal demikian. Dua komoditas tersebut saat ini berada di titik harga tinggi, kendati demikian menurutnya belum berada di garis kuning.

"Sejauh ini supplay bagus dan harga masih stabil. Kebutuhan komoditas ini sempat meningkat waktu awal puasa untuk megengan (syukuran,red)," kata Bhismo, Senin (29/5/2017).

Kenapa ada kenaikan harga? karena permintaan yang meningkat kemudian stok di pasaran tidak mampu mencukupi. Saat ini, stok kebutuhan masih terpantau karena harga komoditas sebagian besar tidak mencapai harga ekstrim atau terlampau mahal.

Salah seorang pedagang di Pasar Baru Tuban, Fauzan mengatakan, harga bawang putih dan cabai berada di harga relatif mahal. Utamanya bawang putih di minggu awal Ramadan​ masih terbilang tinggi.

"Harga satu kilogram cabai rawit masih di kisaran Rp45.000 hingga Rp40.000 dan
cabai keriting stabil yakni Rp 23.000. Kalau bawang putih semula Rp 45.000 sekarang turun menjadi Rp 40.000 per kilogram," ungkapnya. [dwi/col]