80 Hektar Lahan di Dermawuharjo Ditanami Jeruk Buah

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Meski berada di daerah pegunungan, Dusun Berus, Desa Dermawuharjo, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban dikenal mempunyai produk unggulan berupa buah jeruk.

Dari informasi yang diperoleh blokTuban.com Sedikitnya didusun tersebut, ada sekitar 80 hektar lahan tadah hujan yang ditanami tanaman jeruk. Dengan perhektarnya terdapat sekitar 400 pohon.

Ketua Kelompok Tani Rukun Sentoso Dusun Berus, Joyowage mengatakan, tanaman jeruk di Dusun Berus tersebut lokasinya berada di ladang milik warga, namun ada sebagian yang berada di pekarangan rumah.

"Setiap hektar warga mendapatkan bantuan sebanyak 400 pohon jeruk. Ada yang ditanam di ladang ada juga yang ditanam di pekarangan," kata Joyowage kepada blokTuban.com.

Ia menambahkan, tanaman jeruk dengan jenis Keprok teja gula dan keprok batu 55, ini sudah mulai panen pada tahun 2015 lalu. Dengan hasil panen mencapai 1 kwintal untuk ukuran pohon yang besar.

Joyo, sapaanya berharap di tahun-tahun yang akan datang ada bantuan benih jeruk lagi, sehingga dusun ini setiap musim panen, menjadi wisata petik buah jeruk untuk di wilayah Kecamatan Grabagan.

"Saya berharap tanaman jeruk lebih banyak lagi karena dari para pembeli yang datang pada tahun lalu mengaku, jeruk di Berus ini memiliki rasa yang berbeda ada manis dan kecutnya," imbuhnya.[hud/ito]