Puasa, Pengrajin Frame Ramai Dikunjungi

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pengrajin frame atau pigora di Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban mulai ramai pesanan. Mereka (pemesan) umumnya, membutuhkan frame untuk mempercantik ruangan yang dipadukan dengan foto maupun lukisan.

Menurut seorang pengrajin frame di Jalan Raya Barat Jatirogo, sejak sebelum datang puasa Ramadan masyarakat mulai ramai berburu pigora. Terutama untuk keperluan foto kenangan akhir sekolah. Namun tidak kalah ramainya juga para seniman lukis yang datang berburu bingkai hasil buah tangannya.

"Sekarang memang lagi ramai-ramainya pencari frame. Kebanyakan orang tua yang membeli untuk foto lulusan anaknya, baik dari tingkat Paud hingga perguruan tinggi," ujar Yono atau pria yang kerap disapa Ghepo itu, Sabtu (27/5/2017).

Jenis frame yang ramai diburu peminat saat ini, jenis ukir emas dan petir emas. Ukurannya pun bervariasi, mulai ukuran 4 R hingga yang terbesar 24 R, tergantung selera dan kebutuhan.

Peminat frame, bukan hanya dari wilayah Tuban saja. Namun ada juga yang dari Kabupaten lain, seperti Rembang dan Blora. Sebab, jarak antara Jatirogo dengan dua Kabupaten tersebut cukup dekat.

"Konsumennya kebetulan bukan hanya Jatirogo saja, namun juga luar Kabupaten Tuban," kisah pria yang punya bakat lukis dan bulutangkis itu.

Secara terpisah, seorang konsumen asal Sale, Rembang, Gleyor mengaku sering membeli frame hasir karya Gepho. Sesama seniman lukis, ia tidak canggung ketika menukar kreasi bersamanya.

"Sudah sering, soalnya sesama pelukis. Kali ini, saya mau nyari pigora lukisan buat anak," imbuh pria berambut gondrong itu.

Dari pantauan blokTuban.com di lapangan, sejak pagi pemburu frame tak pernah sepi. Berbagai macam permintaan dilayani dengan senyuman. Tidak jarang mereka datang sudah membawa lukisan maupun foto, jadi pengrajin frame tinggal mengukur dan membuatkan sesuai keinginan konsumen. [rof/rom]