Nongkrong Setelah Sahur, Bersantai Sebelum Buka

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Ramadhan, bulan penuh berkah yang dinanti umat Islam. Karena dianggap bulan khusus, masuknya kalender bulan ini juga diikuti dengan kebiasaan-kebiasaan baru di tengah masyarakat, terutama kaum muda.

Untuk kelompok terakhir yang tersebut di atas. Sepertinya paling punya banyak cara untuk menghabiskan waktu. Generasi muda punya kebiasaan-kebiasaan baru yang dilakukan sambil menjalani ibadah puasa.

Yayan Dwi (19), asal Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Kota, salah satunya. Mengaku paling sering keluar rumah setelah sahur dan salat subuh. "Kalau puasa pasti seperti itu, keluar pagi-pagi sekali sudah menjadi hal biasa," kata Yayan.

Bulan selain puasa, dia mengaku, paling enggan keluar rumah pagi hari. Udara dingin dan rasa malas menjadi salah satu alasan.

Pemuda dan warga umumnya terlihat semakin banyak keluar rumah setelah sahur di akhir pekan atau hari minggu. Sasaran mereka adalah ruang dan tempat publik, maupun lokasi jujukan wisata seperti pantai, perbukitan, atau tempat-tempat menarik lain yang tidak jauh dengan kota.

"Sekadar menghabiskan waktu saja, kalau tidur lagi setelah makan tidak baik juga buat kesehatan," kata Agung, pemuda lain asal Desa Tasikmadu, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Aktivitas lain yang mencolok di tengah masyarakat, yakni "ngabuburit". Ngabuburit merupakan sebutan untuk aktivitas menunggu waktu berbuka puasa. "Ngabuburit, merupakan salah satu acara paling digemari masyarakat dengan membuat beragam acara," kata Adhisty (30), salah satu pengelola Event Organizer di wilayah Tuban.

Perempuan kelahiran Surabaya itu sering menerima permintaan mempersiapkan acara buka bersama. Konsumennya berasal dari kalangan pengusaha, komunitas, perkantoran, ataupun dari kelompok organisasi kemasyarakatan yang lain.

Konsep ngabuburit yang ditawarkan beragam. Ada yang sekadar melakukan permainan ringan kalau itu kegiatan non formal, ada juga yang sekedar nyanyi lagu-lagu religi, pengajian, atau sesuai dengan permintaan konsumen.

"Itu memang istilah-istilah yang hanya ada di bulan puasa," katanya.

Catatan blokTuban.com, ngabuburit diisi dengan beragam cara sesuai keinginan masyarakat. Ada yang melakukan dengan memancing, memainkan petasan tradisional, baca buku, membagi takjil, atau dengan kegiatan lain sesuai keinginan.

Kalau Anda, apa yang dilakukan?. Selamat berpuasa.