Infill Drilling Lapangan Tapen Tengah Dimulai

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu merencanakan melakukan pemboran development untuk Tapen-4 dan 5, pada cluster Tapen-2. Hal itu dilakukan guna memenuhi cadangan minyak di Negeri ini.

Berdasarkan informasi yang dihimpun blokTuban.com menyebutkan, pada pekan ini perusahaan plat merah itu, telah memasang tiang pancang di Lapangan Migas yang terletak di Tapen, Desa Sidoharjo, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

"Saat ini perusahaan mulai memasang tiang pancang untuk pekerjaan sipil tapak lokasi," ujar Field Manager Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, Agus Amperianto.

Berapa cadangan minyak yang akan dihasilkan? Agus memprakirakan jumlah cadangan minyak dari dua sumur infill drilling (sisipan) mencapai 547 ribu lebih barel minyak per hari (BMPH) atau barrel oil per day (BOPD). Ditegaskan Agus, sumur baru TPN-4 dan TPN-5 di wilayah Tuban ini, ditarget mampu produksi sampai lima tahun kedepan.

Untuk produksi harian, lanjut pria kelahiran Semarang itu, dari sumur TPN-4 dan TPN-5 masing-masing ditarget 150 BOPD. Apabila tidak ada kendala yang berarti, pemboran bakal terlaksana pada triwulan ke-4 tahun 2017.

Tambahan produksi itu rencananya akan digabung dengan sumur TPN-01. Minyak dari Lapangan Tapen tersebut, bakal dialirkan ke Control Processing Area (CPA) Mudi, di Desa Rahayu, Kecamatan Soko.

Baru kemudian dikirim ke kilang Pertamina EP di Kalimantan. Melalui Floating Storage Offloading (FSO) Cinta Natomas di utara perairan Kecamatan Palang.

"Doakan saja semoga semua berjalan lancar dan berhasil mendapatkan cadangan energi untuk Negeri," pintanya.

Diberitakan sebelumnya, Selama ini, capaian produksi dari Tapen yg sudah menghasilkan hanya Tapen-1. Dari perut bumi kota santri itu, mengeluarkan minyak dengan rata-rata produksi 70 bopd/bbl oil per day. Untuk itu perusahaan mengharap masyarakat sekitar maupun pemerintah turut mendukung.

Rencananya, persiapan operasi dimulai pada bulan Juli 2017. Semuanya dikerjakan apabila jadwalnya tepat dalam penyelesaian sipil lokasi sebelum rig masuk. [rof/rom]