Gunakan Dana APBDes, Warga Temandang Punya Tempat Sampah

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sebanyak 50 rumah di dua RT, yakni RT.02 dan RT.03/RW.02 Dusun Tlogoagung, Desa Temandang, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban memiliki tempat sampah organik dan non organik, di masing-masing depan rumah.

Pengadaan tempat sampah di masing-masing rumah tersebut, merupakan program desa setempat, dengan dukungan sepenuhnya dari unsur kepemudaan desa yang tergabung dalam Paguyuban Kewirausahaan Kreatif dan Sosial (PKKS). Program dengan anggaran APBDes tersebut hingga saat ini terus berjalan dengan baik.

Kepala Desa Temandang, Tinik mengatakan, program tersebut sebenarnya sudah sejak lama direncanakan, dan sudah beberapa kali diusulkan dalam Musrenbang. "Namun setelah program itu dilaksanakan dan tempat sampahnya dibagikan, masyarakat menyambut dengan baik," ujar Tinik kepada blokTuban.com.

Ia menambahkan, saat ini program tempat sampah yang tercantum dalam RPJMDes untuk kebersihan lingkungan itu terealisasi melalui dana APBDes, dan unsur kepemudaan Desa Temandang sangat mendukung penuh untuk mensukseskan program ini.

"Setelah 50 tempat sampah dibagikan dengan gratis, masyarakat banyak yang merespon baik," jelasnya.

Menurutnya, kedepan sampah itu akan dikelola, dan dengan adanya yang organik dan non organik, diharapkan kedepan bank sampah menjadi bermanfaat untuk desa setempat. [hud/rom]