Pawai Taaruf Almuhibbin, Bukti Kreatifitas Santri

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Ratusan santri dari Pondok Pesantren Modern 4 Bahasa Almuhibbin Jatirogo, Kabupaten Tuban memeriahkan Pawai Taaruf Akhirussanah 2017, Minggu (14/5/2017).

Antusiasme masyarakat menyaksikan pawai ta'aruf itu cukup tinggi, meski cuaca cukup terik. Ribuan pasang kaki rela berdiri di pinggir jalan yang dilintasi para santri.

Setiap kelompok santri peserta pawai ta'aruf dibagi berdasarkan sub tema masing-masing. Berbagai tampilan atraktif yang mengusung tema budaya Mesir, mengipnotis jutaan mata penonton.

"Ini semua karya santri, baik kostum, properti, make up, dan semua pirantinya," ujar Pimpinan Yayasan Almuhibbin, Gus Falah kepada blokTuban.com usai acara, Minggu (14/5/2017).

Menurut dia, agenda tahunan ini sudah terlaksana enam kali dari kurun waktu dasa warsa berdirinya Pondok Pesantren Modern Almuhibbin. Ia berharap, santri ketika selesai menuntut ilmu di pondok siap berbaur di masyarakat.

"Dengan bersinggungan langsung dengan budaya masyarakat, santri mengenal budaya dan menegakkan agama," tandasnya.

Terpisah salah satu tokoh pemuda Jatirogo, Aji Sofii mengaku takjub melihat kreatifitas santri. Sebab, dengan segala penampilannya ia menilai santri ternyata bisa, bahkan luar biasa.

"Masyarakat antusias, karena ini sudah jadi ajang tahunan dan jadi hiburan yang mendidik," pungkas pria yang baru saja dilantik sebagai Ketua Karang Taruna Jatirogo itu. [rof/col]