Himpaudi Bawakan Tari Semarak Ronggolawe Secara Massal

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Akhir tahun ajaran 2016/2017, puluhan guru atau bunda anggota Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kecamatan Bangilan menggelar tari kreasi tradisional secara massal, Jum'at (12/5/2017).

Tari massal yang ditampilkan di halaman gedung serbaguna Kecamatan Bangilan itu, guna memupuk bakat dan kreativitas bunda. "Tujuannya untuk menggalang rasa kebersamaan sesama anggota dan meningkatkan kreativitas bunda," ujar satu diantara Pengurus Himpaudi Bangilan, Siti Rokhani kepada blokTuban.com, Jum'at (12/5/2017).

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com menyebutkan, kegiatan tersebut diikuti oleh 98 bunda Paud dari 30 lembaga se-Kecamatan Bangilan. Dalam tampilannya, setiap bunda dandan ala penari profesional dengan segala pirantinya.

Imbuhnya, selain itu untuk melestarikan budaya bangsa yang sudah diwariskan oleh para seniman dahulu. Dengan tetap melestarikannya, kita bisa membangun rasa menghargai budaya bangsa dan mewujudkan organisasi yang besar dan memiliki jati diri.

"Untuk membangun rasa menghargai budaya bangsa, dalam aksi dan kreasi bunda paud membawakan tari Rampak Pesisir atau tari Semarak Ronggolawe," jelas Bunda Rokhani begitu ia disapa.

Tujuan lain, dengan penampilan tari massal ini, karena ke depan akan dipakai kegiatan di kabupaten. Sehingga sambil berkreasi, ketika show di kabupaten kontingen Bangilan sudah tampil sempurna.

"Harapanya dengan beraksi dan berkreasi semakin ada perhatian lebih dari instansi terkait, lebih mendukung program nyata Himpaudi untuk selanjutnya," pungkasnya. [rof/rom]