Bangun Sinergitas TNI/Polri, Jaga Keutuhan NKRI

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dalam rangka memupuk kekompakan dan soliditas antar TNI/Polri, serta dalam membina hubungan komunikasi yang harmonis dalam pelaksanaan tugas, jajaran Polisi sektor (Polsek) Singgahan dan Koramil 0811/16 Singgahan, melaksanakan pertemuan bersama di aula Koramil setempat, Jum'at (12/5/2017).

Sekaligus dalam acara tersebut dibahas peran dan tugas tiga pilar desa dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di desa binaan masing-masing. Dengan maksud agar tetap berjalan beriringan membangun dan meneruskan cita-cita bangsa Indonesia di akar rumput.

"Melalui sinergitas TNI/Polri, kita berusaha menjaga keutuhan bangsa guna mempertahankan NKRI berdasarkan empat pilar kebangsaan," ujar Kapolsek Singgahan, AKP. Totok Wijianarko kepada blokTuban.com, Jum'at (12/5/2017).

Sebab, saat ini isu radikalisme berkembang cepat di media sosial, bila dibiarkan akan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Untuk itu nilai-nilai yang berdasarkan Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika perlu di sampaikan ke masyarakat melalui peran Bhabinkamtibmas dan Babinsa desa.

Saat ini ada upaya-upaya kelompok tertentu untuk melemahkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Bahkan ada upaya membenturkan dan mengadu domba TNI dan Polri sehingga ancaman ini perlu ditangkal bersama.

Pihaknya berharap, Polri maupun TNI bisa menjaga kekompakan di dalam melaksanakan tugas, khususnya melalui 3 pilar desa supaya situasi Kamtibmas di wilayah Kecamatan Singgahan dan umumnya Tuban tetap kondusif. Sebab sudah beberapa kali berkegiatan bersama yang dilakukan keduanya.

"Kita sudah sering olahraga bersama, patroli bersama ke wilayah-wilayah dan melaksanakan pengamanan bersama setiap ada event," tegas Totok sapaan akrabnya.

Hal senada juga disampaikan Danramil 0811/16 Singgahan, Lettu Arh Sudiono. Pihaknya mengaku sepakat dengan adanya sinergitas antara anggota TNI/Polri. Sebab itu menjadi modal dasar guna terciptanya situasi wilayah yang kondusif.

"Kami sangat setuju dan mendukung adanya gagasan kegiatan bersama/sinergitas TNI dan Polri," tutur Sudiono.

Dengan wujud kebersamaan dan kekompakan antara TNI/Polri dan ditambahkan masyarakat, khususnya di wilayah Kecamatan Singgahan, berimbas tetap tegaknya NKRI dan ke Bhinekaan.

"Harapannya sama, ke depan TNI/Polri tetap solid demi menjaga keutuhan wilayah NKRI," pungkasnya menandaskan. [rof/rom]