Saat Polisi Meguru Pada Peringatan Hardiknas

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Hari ini merupakan hari sakral bagi dunia pendidikan Indonesia. Tepat pada 2 Mei, diperingati hari pendidikan yang juga menandai hari lahir Raden Mas Soewardi Soerjaningrat, atau akrab dipanggil Ki Hajar Dewantara.

Namun, aparat penegak hukum tidak mau menyia-nyiakan momentum pada peringatan hari pendidikan nasional kali ini. Seperti yang dilakukan Kepala Kepolisian Sektor Rengel, Polres Tuban, AKP Musa Bakhtiar, bersama dengan beberapa anggota berdiri di depan kelas berperan menjadi pendidik sehari.

Kata Musa, hari ini merupakan hari istimewa yang ia sebut sebagai hari 'Polisi Meguru'. Masih dengan identitas resmi, berseragam cokelat ia menjadi guru bagi para siswa-siswi di Sekolah Dasar Negeri VII Rengel, Selasa (2/5/2017).

"Kegiatan ini yang kami namakan Polisi Meguru, dilakukan dalam rangka Hardiknas dan bentuk kegiatannya adalah dengan menjadi pengajar bagi seluruh siswa-siswi di SDN VII Rengel," ujar Musa.

Setiba di sekolah, nampak pelajar tingkat dasar ini berjajar rapi di halaman sekolah. Wajah sumringah nampak pada tiap-tiap anak. Agaknya mereka sudah tidak sabar akan menerima pelajaran apa hari ini.

Pelajaran utama yang disampaikan anggota Polsek Rengel, membahas tentang wawasan kebangsaan serta pancasila dan bhinneka tunggal ika. Dalam waktu satu jam, materi tersebut dipilih karena harapannya kelak mereka memiliki jiwa pancasila dan memiliki akar budaya Bhinneka Tunggal Ika.

"Di samping itu, kegiatan Polisi Meguru tersebut bertujuan untuk mendekatkan hubungan antara Polisi dengan para pelajar, sekaligus menghilangkan paradigma bahwa Polisi adalah sosok yang menakutkan," ujarnya, kepada blokTuban.com.

Selama satu jam menjadi guru, anggota Polsek Rengel memberikan sejumlah hadiah berupa buku tulis. Benda tersebut setidaknya mampu mengapresiasi proses belajar siswa dan mendorongnya lebih giat lagi. Beberapa lusin buku pelajaran diserahkan kepada pihak sekolah untuk dibagikan kepada para pelajar.  

Mohon diterima, jangan dipandang berapa nilainya, namun hal ini merupakan salah satu bentuk perhatian kami kepada para pelajar", ucap AKP Musa saat menyerahkan buku kepada pihak sekolah.

Melihat apa yang dilakukan aparat kepolisian ini, Kepala Sekolah SDN VII Rengel, Siti Mariyam mengapresiasi dan mendukung adanya kegiatan Polisi Meguru, yang dilaksanakan oleh Jajaran Polsek Rengel. Dia berharap, agar kegiatan seperti itu dapat berkelanjutan.

"Semoga dengan kegiatan ini, anak-anak dapat menyerap materi yang disampaikan oleh bapak-bapak polisi, sehingga wawasan mereka dapat bertambah", jelas Siti Mariyam. [dwi/rom]