Stikes NU Gelar Petingatan Isra' Mi'raj di Tuwiri Kulon

Pengirim: Akhmat Winarto

blokTuban.com - Sudah menjadi tradisi umat Islam setiap Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) dilak sejumlah kegiatan keagamaan. Seperti peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1438 H oleh Mahasiswa Stikes NU Tuban di Desa Tuwiri Kulon, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban.

Kegiatan ini dilakukan pada hari Minggu (16/04/2017), peringatan Isra' Mi'raj bekerja sama dengan Ta'mir Masjid Desa Tuwiri Kulon bersamaan dengan penutupan Praktik Komunitas Terpadu (PKT) yang sudah dilakukan selama 2 minggu di desa setempat.

Ratusan jemaah muslim yang ada di desa tersebut beserta tamu undangan lainnya ikut hadir dalam kegiatan.

Terpisah, Ketua Kelompok Profesi pada kegiatan penutupan PKT, Gilang Dalas Meiwira, mengatakan, acara tersebut terlaksana atas kerja sama panitia (mahasiswa dan Ta'mir Masjid Tuwiri Kulon) beserta masyarakatnya.

Gilang menambahkan, kegiatan Isra' Mi'raj di Desa Tuwiri Kulon ini memang sudah menjadi tradisi masyarakat setempat dan umat muslim, setiap tahun mengadakan berbagai macam kegiatan termasuk juga pengajian akbar yang dilakukan pada malam hari ini. Hal tersebut masih kata dia sebagai ukhuwah islamiyah dan mempererat tali silaturrahim antar warga.

“Alhamdulillah acara pengajian akbar Peringatan Isra' Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW 1438 H pada malam hari ini berjalan lancar. Semoga acara tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua hususnya warga Desa Tuwiri Kulon,” tegas Gilang.

Berbeda dengan tahun kemarin kegiatan yang dilakukan di Masjid Tuwiri Kulon itu dilakukan hanya oleh Ta'mir Masjid saja, pada tahun ini adalah inisiatif dan kerja sama bersama Mahasiswa Stikes NU Tuban.

"Tahun lalu beda kegiatanya yang dilakukan oleh ta'mir masjid sini, tahun ini peringatan Isra' Mi'raj bekerja sama dengan kami. Sekaligus kegiatan hari ini adalah sebagai penutupan dari praktek komunitas yang kami jalankan di desa ini," tambah Gilang.

Harapanya kegiatan ini dapat mempererat semua elemen, baik dari Stikes NU Tuban, pemerintahan desa, serta masyarakat setempat. Sehingga membuat hubungan semakin harmonis untuk semuanya. [col]