Turut Deklarasi AMSI, bB dan bT Bertekad #Berantas Hoax

Reporter: Nidhomatum MR

blokTuban.com - Blok Media Group (blokBojonegoro.com dan blokTuban.com) turut serta dalam kegiatan Deklarasi Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) yang dilaksanakan di Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (8/4/2017).

Keikutsertaan dua media di bawah naungan PT Blok Bojonegoro Media da PT Blok Tuban Promosindo itu berarti turut serta dalam upaya memberantas hoax yang saat ini marak beredar di media sosial.

[Baca juga:  Seminar Media Siber Awali Deklarasi AMSI ]

"Saat ini berita-berita hoax memiliki kecepatan yang lebih untuk tersebar di dunia maya, di sisi lain berita-berita positif tak mampu untuk mengimbanginya," ujar Ketua Presidium AMSI, Wenseslaus Manggut.

Oleh sebab itu, butuh dukungan semua pihak untuk bersama-sama memberantas hoax yang sangat meresahkan dan berakibat buruk bagi masyarakat. AMSI sebagai salah satu wadah yang diharapkan bisa ikut meminimalisir beredarnya hoax di media, khususnya media daring.

Menurutnya, unsur-unsur berita positif bahkan sistem verifikasi media dan sertifikasi profesi wartawan hanya bisa memberantas sekitar 30-35 persen berita hoax. Sehingga, keberadaan AMSI bisa mengembangkan upaya penanggulangan berita bohong.

"AMSI juga diharapkan bisa menjadi wadah saling belajar para pengelola media online dengan mereka-mereka yang berkompeten. Belajar tentang etika, kode etik media Siber dan kode etik jurnalistik," pungkasnya. [lis/ito]