Potensi Cuaca Buruk, Nelayan Terlatih Baca Tanda Alam

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Anomali cuaca diperkirakan Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan terjadi selama beberapa hari kedepan. Selain berimbas pada turunnya hujan lebat, cuaca itu juga berpengaruh pada kondisi di perairan utara, Kabupaten Tuban.

Tinggi gelombang di laut utara hari ini, Jumat (7/4/2017), diperkirakan mencapai 1,3 meter sampai 2,5 meter. Dengan kecepatan angin 8-25 knots dengan potensi hujan sedang.

"Kita meminta semuanya waspada, termasuk pengguna jasa transportasi laut dan juga nelayan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Joko Ludiyono.

Apakah ada peringatan waspada buat nelayan Tuban? Joko menjelaskan, himbauan untuk waspada menghadapi gejala alam selalu dilakukan. Meski begitu, para nelayan pemilik kapal sudah mengetahui kapasitas kapalnya dibanding dengan tingginya ombak.

Ibaratnya, nelayan sudah sangat terlatih membaca tanda alam. Apabila ada situasi yang membahayakan, maka mereka akan menghentikan dengan sendirinya aktivitas melaut sampai cuaca membaik.

"Justru itu yang saya harapkan, untuk kewaspadaan dari nelayan. Kita juga meminta mereka menyiapkan jaket pelampung di perahu atau kapal," kata Joko. [pur/rom]