Tiga Hari ke Depan Diprediksi Hujan Lebat

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Curah hujan dengan intensitas tinggi diprediksi selama tiga tahun kedepan. Terhitung tanggal 6,7,8 April 2017 ke depan.

"Ada potensi hujan lebat disertai angin dan petir yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk di Jawa Timur, " kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Joko Ludiyono, membeberkan prakiraan cuaca dari Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Kamis (6/4/2017).

Joko menjelaskan, itu disebabkan karena kondisi atmosfer terkini menunjukkan adanya pembentukan pusat tekanan rendah di perairan selatan jawa, laut Aru dan di Papua Nugini yang membentuk daerah pumpunan angin memanjang dari Pesisir Barat Sumatera, Sumatera bagian selatan, Laut Jawa hingga Jawa bagian Timur, dan dari Maluku hingga Papua bag Selatan.

Suhu muka laut hangat diidentifikasi terjadi di wilayah perairan sekitar Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. "Itulah yang menyebabkan hujan lebat berdurasi lama akan terjadi tidak hanya di Jawa Timur, namun juga terjadi di pesisir barat Sumatera, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Sumatera Selatan, Banten, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, Maluku, Papua Barat dan Papua.

"Peristiwa ini akan membawa dampak seperti longsor, pohon roboh, jalan licin dan sebagainya. Sehingga kita minta masyarakat di Tuban waspada adanya potensi bencana di sekeliling," jelas Joko. [pur/ito]