Angkat Potensi Wisata Tuban dalam Film Pendek

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Memiliki kegemaran dalam perfilman sejak duduk di bangku SMK, membawa Yayan Tri Setyono menggeluti dunia perfilman. Namanya yang kerap muncul dalam pembuatan film di kancah Nasional rupanya belum cukup dikenal masyarakat Tuban pada umumnya.

Pemuda asal Kelurahan Doromukti, Kecamatan/ Kabupaten Tuban terhitung telah menghasilkan karya-karya​ film pendek maupun berperan pada pembuatan film layar lebar dan iklan Nasional. Namun, sejauh ini ia menikmati betul sebagai sutradara yang bertugas mengarahkan pemain sesuai manuskrip film.

"Saya memiliki hobi dunia perfilman sejak masih duduk di bangku pelajar SMK," kata Yayan.

Hingga saat ini, pemuda kelahiran Tuban, 6 Juni 1994 ini mengaku sudah menghasilkan karya sedikitnya 30 film pendek dan ada pula iklan produk Nasional. Selain itu ia juga terlibat dalam pembuatan 7 film nasional, di antaranya film Warkop DKI Reborn, karya sutradara Anggy Umbara dan film The Guys yang baru akan tayang pada April 2017 mendatang.

Pemuda lulusan Airlangga Broadcasting Education Surabaya ini mengaku selain menggarap film nasional, cerita mengangkat potensi lokal Tuban pun masuk dalam deretan filmnya. Beberapa film yang mengangkat soal potensi seperti wisata alam, laut, gua, seni dan budaya.

"Melalui karya film pendek, orang akan banyak mengenal potensi Tuban," ucap Yayan menambahkan.

Menekuni dunia film pendek sejak 2011 lalu, tidak jarang ia menerima juara dalam festival film pendek. Film yang bercerita tentang potensi lokal kerap menjadi andalannya.

"Saya akan terus berkarya mengangkat nama Tuban hingga dikenal di skala nasional maupun internasional melalui karya cerita film tentang ongkek, tayuban, Batik Gedog dan lainnya," ujarnya.

Ke depan, lanjutnya sinergitas Pemkab Tuban dengan masyarakat penting dilakukan. Sebab kearifan lokal yang potensial dapat diangkat pada film pendek yang secara otomatis akan menarik wisatawan untuk berkunjung ke Tuban. [dwi/col]