Bektiharjo Dinilai Tidak Lagi Representatif


Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Tuban, pemandian Bektiharjo yang terletak di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding menurut Dinas Pariwisata Kebudayaan, Pemuda, Olahraga Tuban tidak lagi representatif.

Sebab itu, melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017 senilai Rp1,9 miliar, pemandian yang dihuni puluhan kera ini akan dilakukan renovasi. Perbaikan sejumlah fasilitas dan mindset pedagang di area setempat menjadi fokus utama.

"Renovasi akan dilakukan pada kios tidak layak pakai. Kedepan akan dibangun di dalam, berkonsep foodcourt dengan deretan kios dan tempat makan jadi satu," kata Kabid Pariwisata Suwanto.

Pembenahan, lanjut Suwanto, sengaja dilakukan dari segi aset fisik. Pedagang akan diberikan tempat seperti prinsip Pedagnag Kaki Lima (PKL) modern. Harapannya biar mereka ada perubahan cara berjualan yang diimbangi pembekelan pedagang.

Selain itu, berangkat dari seringnya aduan masyarakat akan dibangun kandang kera besar yang bisa mengandangkan kera liar. Hanya beberapa, kera jinak yang akan dilepas untuk bisa berinteraksi dengan pengunjung.

"Akan dibangun juga sarana air bersih, meski berada di sumber air, beberapa keluhan untuk mencari tempat wudhu saja kesulitan," tambahnya. [dwi/rom]