Pengirim: Ahkmat Winarto, S.Kep.,SH

blokTuban.com - Sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, para mahasiswa program studi Profesi Pendidikan Ners, Fakultas Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) NU Tuban melaksanakan program  pengabdian masyarakat.

Kali ini, sasaran pengabdian di wilayah Dusun Bancang, Desa Tahulu, Kecamatan Merakurak yang dilakukan selama tiga minggu. Para mahasiswa peserta pengabdian masyarakat ini dilepas oleh penanggung jawab Program Profesi Keperawatan Ners, Moh. Ubaidillah Faqih, pada Senin (19/3/2017).

Salah satu kegiatan pengabdian masyarakat yang di lakukan oleh para mahasiswa Program Profesi Pendidikan Ners adalah melakukan senam Lansia secara serentak di Desa Tahulu, Selasa (28/3/2017).

“Mereka dilepas ke masyarakat untuk belajar dan mengaplikaskan teori mengenai keperawatan gerontik (Lansia). Bagaimana mereka menjalankan program promosi kesehatan sebagaimana rekomendasi dari World Health Organization (WHO), yaitu kebijakan publik yang berorientasi pada kesehatan, pemberdayaan individu, penyediaan lingkungan yang mendukung kesehatan, dan reorientasi dari layanan kesehatan,” tutur Moh. Ubaidillah.

Selama Tiga minggu ke depan, para mahasiswa akan terjun langsung ke warga sekitar. Pada minggu awal kemarin, mahasiswa melakukan pengkajian awal, observasi lingkungan, dan juga wawancara dengan masyarakat termasuk tokoh setempat.

Kemudian, pada miggu kedua, para mahasiswa memberikan pelayanan kesehatan. Minggu ke tiga membentuk kader-kader Lansia pada setiap keluarga.

"Kegiatan yang dilakukan pada minggu kedua ini adalah memberikan pelayanan pada masyarakat (lansia), tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mencegah dan promotif agar dapat membangun generasi dan negeri yang sehat dengan segala potensi yang dimiliki. Upaya ini dimulai dari masa kandungan, anaka-anak, remaja, dewasan dan mencapai usia lanjut yang tetap sehat, aktif serta produktif" kata Syaiful Anam salah satu mahasiswa Keperawatan Program Profesi Ners.

Praktik profesi mahasiswa keperawatan telah rutin dilaksanakan setiap tahun. Praktik profesi ini difokuskan untuk memberantas penyakit yang ada di masyarakat terkhusus pada Lansia. "Lansia yang mengikuti program senam bersama ini berjumlah 66 orang," imbuhnya.

Harapanya pengabdian masyarakat ini dapat memberikan konstribusi pada negara terkhusus untuk kota tuban sehat jasmani dan rohani. [lis]