Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, melalui UPTD Puskesmas Kecamatan Senori mensosialisasikan bahaya demam berdarah dengue (DBD) kepada warga masyarakat di wilayah kerja perusahaan (WKP) Pertamina EP Asset IV Field Cepu.

Kepala Puskesmas Senori, dr. Fitria Wahyuningtyas kepada blokTuban.com mengatakan, sosialisasi dilaksanakan sebagai upaya bergerak dalam kegiatan preventif terkait kesehatan.

"Potensi hujan yang turun hampir setiap hari merupakan kondisi yang bagus buat nyamuk Aedes Aegepti, sumber bibit penyakit DBD," ujar dokter kelahiran Surakarta itu, Kamis (23/3/2017).

Ditegaskan Tyas, begitu ia disapa, perlu adanya kewaspadaan dari semua pihak terhadap penyakit DBD.

"Upaya kesehatan yang bersumber dari masyarakat dalam pencegahan terjadinya penyakit jauh lebih efektif daripada pengobatan," tegas wanita lulusan kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarata itu.

Pihaknya berharap, masyarakat di WKP Pertamina EP Asset IV Cepu itu lebih sehat dan tidak jatuh dalam penyakit DBD sehingga tercipta kesehatan komunitas. Ketika disinggung apakah pernah ada kasus di daerah tersebut, pihaknya mengaku dulunya pernah ada.

"Dulu ada, namun Alhamdulillah sudah sehat dan sudah ditangani secara komplit mulai dari pengobatan, survei epidemiologi, PSN, dan yang terakhir fogging," pungkasnya. [rof/col]