Longsor Tepi Kali Kening Merembet ke Jalan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Akibat tergerus banjir Kali Kening beberapa hari yang lalu, tanah dan jalan yang berada ditepi Kali Kening di Dusun Juwet, Desa Selogabus, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban mengalami longsor.

Dari pantauan blokTuban.com longsor yang terjadi saat kali kening banjir tersebut telah memakan badan jalan hingga lebar kurang lebih satu meter. Tak pelak warga pun memberikan penanda jalan berupa kayu, plastik dan garis polisi.

Salah satu warga sekitar Taslim (50) ia mengatakan, tanah tersebut longsor saat kali kening banjir. Namun selain yang longsor tersebut adalah tanah, jalan penghubung Desa Selogabus, Kecamatan Parengan Ke Kecamatan Trucuk juga ikut longsor di bagian tepi.

"Jalan tersebut ikut longsor sepanjang 15 meter, longsornya sendiri mungkin karenakan guyuran hujan deras kemarin," kata Taslim, Minggu (19/3/2017).

Menurutnya, beberapa bulan terakhir ini kali kening terus meluap hingga beberapa kali, tak pelak jalan yang juga sebagai pembatas kali dan sawah itu mengalami longsor.

Semantara itu, Kepala Desa (Kades) Muatain, mengungkapkan longsornya tanah ditepi kali kening hingga merembet kejalan itu dikarenakan beberapa bulan terakhir ini kali kening sering meluap, otomatis tanah tersebut longsor.

"Dikarenakan banjir, bronjong anjlok dan terjadi longsor, otomatis selain longsor juga ambles,"terang Kades.

Ia mengaku, telah melaporkan hal itu kepada pihak yang terkait, dan pihak yang terkait telah meninjau lokasi longsor dan memberikan penanda jalan.[hud/ito]