Ada Program Pap Smear Gratis, Ayo Ikuti!

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas programkan pemeriksaan pap smear gratis untuk masyarakat setempat. Program tersebut bertujuan memberi layanan kesehetan bagi perempuan secara cuma-cuma.

Kepala Puskesmas Kecamatan Bangilan, Adi Mursito mengatakan, melalui dana Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) pemerintah berusaha memberi layanan kepada wanita, terutama yang menyangkut kesehatan reproduksi.

"Dengan dana APBD Pemkab Tuban memberikan pelayanan pemeriksaan pap smear gratis untuk ibu-ibu, agar kesadaran akan kesehatan yang erat kaitannya dengan reproduksi itu," kata Kepala Puskesmas yang baru menjabat beberapa bulan itu, Senin (13/3/2017).

Mantan kepala Puskesmas Gaji, Kerek itu menjelaskan, semua masyarakat bisa melakukan screening pap smear gratis dengan persyaratan pelaksanaan pemeriksaan tidak dalam menstruasi, di Puskesmas. Menurut dia, pihak Puskesmas Bangilan melakukan pelayanan pemeriksaan pap smear setiap dua hari dalam seminggu, yakni pada hari Senin dan Rabu.

Ditambahkan dia untuk usia tidak ada batasan, namun diutamakan usia-usia produktif. Selain itu yang pasti mereka sudah menikah, karena screening ini sangat berguna untuk mencegah penyakit yang mematikan akibat aktivitas reproduksi.

"Puskesmas akan melayani setiap Senin dan Rabu. Tujuannya, agar para wanita sadar akan bahaya penyakit saluran reproduksi sehingga mereka faham akan penanganannya secara benar," tegas Adi begitu ia disapa.

Ketika disinggung target, pihaknya mengungkapkan, di Kecamatan Bangilan diharapkan bisa mencapai 50 peserta. Namun jika jumlah tersebut terus bertambah akan tetap dilayani.

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com, layanan kesehatan gratis itu, sudah dimulai sejak (20/2/2017) dan akan berakhir pada (31/3/2017). Sampai saat ini, pihak Puskesmas Bangilan mengklaim sudah melayani sekitar 20 warga.

"Harapan kami, warga antusias bisa memanfaatkan program ini, sebab manfaatnya sangat besar," pungkasnya. [rof/ito]