Anak Bolos Sekolah Berprestasi Banjir Perhatian

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Mohamad David, siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Kapu Kecamatan Merakurak mulai kebanjiran perhatian.

Seperti diketahui sebelumnya, David kerap tidak masuk sekolah karena harus membantu orang tuanya bertani di ladang di atas lahan milik perhutani.

Namun meski sering membolos karena membantu ayahnya, anak dari pasangan Tarsani dan Saripah warga Desa Kapu itu tetap berprestasi di kelasnya. Dia mendapat rangking atau prestasi nomer urut dua, terbaik diantara teman-teman satu kelas lainnya.

Atas prestasinya tersebut, banyak warga yang terpanggil untuk memberikan bantuan kepada Mohamad David, agar anak itu bisa aktif bersekolah.

Salah satunya anggota DPRD Tuban, Cancoko saat mendatangi rumah pasangan Tarsani dan Saripah mengatakan, bahwa David harus tetap kembali bersekolah karena dia memiliki prestasi yang cukup baik.

Orang tua harus mengetahui jika David membutuhkan pendidikan yang baik, sebagai jalan menuju masa depannya kelak.

"Dia harus tetap masuk sekolah, jangan bolos-bolosan apalagi anknya berprestasi," ujarnya kepada blokTuban.com.

Menurut anggota dewan tersebut, bahwa kedua orang tua harus memahami kondisi David yang telah belajar di sekolah dasar, jangan sampai waktu sekolah malah anaknya ikut bekerja, seperti yang sudah-sudah.

Menurut dia, boleh saja membantu orang tuanya, namun harus siang hari setelah pulang sekolah, dan orang tuanya harus mengerti keadaan David yang masih duduk di sekolah dasar.

"Saya memberikan sejumlah peralatan tulis, seragam dan dua ekor kambing yang bisa diternak," pungkasnya.

Selain dari Anggota DPRD Kabupaten Tuban, bantuan juga datang dari Polsek Merakurak. Tampak sebuah boks warna cokelat yang diberikan anggota Babinkamtibmas kepada orang tua David. [nok/rom]