Kemasan Ala Kadar, Tak Bisa Dongkrak Harga

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Produsen rengginang yang sudah menembus pasar Internasional asal Ngrojo, Bangilan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur mengeluh terkendala masalah pemasaran dan merek.

Hj. Sriamah, pemilik usaha rengginang sejak era reformasi itu mengaku, hingga saat ini melakukan pengiriman rengginang ke Luar Negeri masih menggunakan kemasan dan brand ala kadarnya. Artinya, ia sangat membutuhkan brand yang modern dan bisa ia miliki seutuhnya.

"Ya masih seperti ini, pakai plastik untuk dalam negeri dan pakai karton polos untuk yang dikirim ke luar negeri," ungkap Ibu tiga anak itu saat ditemui blokTuban.com di kediamannya, Minggu (5/3/2017).

Ia berharap, untuk mengembangkan usahanya ada dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas terkait. Tujuannya, agar bisa memberi sokongan mengenai pengemasan dan pemberdayaan usaha rumahan yang ia jalankan.

Menurutnya, harga produk yang ia hasilkan belum kompetitif. Sebab, pengemasan yang belum bernilai jual. Ia juga menginginkan pemasaran secara kerja sama antara pemerintah dan produsen untuk mengikuti pesatnya perkembangan sistem informasi digital dan era pasar bebas.

"Pengemasan menjadi hal yang vital jika mau pemasaran yang baik, untuk itu harapan kami pemerintah bisa ikut memberikan solusinya," pungkasnya. [rof/col]