12:00 . Unik, Tiang Masjid Setinggi 27 Meter Berdiri Tanpa Alat Berat   |   09:00 . Penyekatan Arus Balik Dimulai, Puluhan Kendaraan Diputarbalikkan   |   08:00 . Pesan Hoax Ledakan Corona Menyebar hingga Tingkat RT   |   07:00 . Menjaga Kesehatan di Hari Idul Fitri di Masa Pandemi Covid-19   |   14:00 . Tak Segera Diperbaiki, Jembatan Glendeng Kini Malah Ditutup Total   |   13:00 . Dampak Penyekatan di Tuban, Kasus Harian Corona di Bawah 15   |   12:00 . Walah..!!! Gegara Ini Akses Jembatan Darurat Glendeng Ditutup   |   11:00 . Boleh Silaturahim Tatap Muka, Tapi Tetap Pakai Masker   |   09:00 . Hampir Setahun Diterlantarkan, Kini Jembatan Glendeng Jadi Biang Kemacetan   |   07:00 . Kenalkan Pola Makan Sehat Pada Anak, Apa yang Perlu Diperhatikan?   |   17:00 . Kemenkumham Beri Remisi Khusus 168 Napi di Tuban   |   16:00 . Lebaran, Kawasan Obvitnas di Tuban Dijaga Ketat   |   15:00 . Masa Pandemi, 935 Warga Tuban Daftar Haji   |   13:00 . Jika Pembelajaran Tatap Muka Diberlakukan, Perpusda Harap Bisa Layani Baca Buku di Tempat   |   11:00 . Tunggu Keputusan Pusat, 1.296 Calon Haji Tuban Siap Berangkat Tahun Ini   |  
Sat, 15 May 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kades Ngrojo Manfaatkan Pekarangan Penuhi Kebutuhan Keluarga

bloktuban.com | Sunday, 05 March 2017 15:00

Kades Ngrojo Manfaatkan Pekarangan Penuhi Kebutuhan Keluarga

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Saat ini Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong masyarakat melakukan penanaman sayuran termasuk di pekarangan. Dengan begitu, diharapkan tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan rumah tangga tapi juga bisa menjadi sumber pendapatan.

Untuk itu, Kepala Desa (Kades) Ngrojo, Noeroel Hoeda bersama istrinya, memberi contoh kepada warganya dengan memanfaatkan pekarangan rumah sebagai media budi daya tanaman penuh gizi.

"Sebelum mengembangkan tanaman gizi ini ke semua warga, saya bersama istri melakukan uji coba dulu dengan memanfaatkan polibag sebagai media tanamnya," ujar Kades dua periode itu saat ditemui blokTuban.com, Minggu (5/3/2017).

Kades yang akrab disapa Hoeda itu menjelaskan, target ke depan setiap rumah memiliki tanaman yang bisa dipetik setiap saat itu. Tujuannya, agar bisa mengurangi pengeluaran setiap harinya untuk kebutuhan bahan pokok dapur.

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com, ada beberapa jenis tanaman yang sedang dikembangkan olehnya. Jumlah polibagnya pun sudah mencapai ratusan pohon bergizi.

"Melalui tim penggerak PKK diharapkan program usaha untuk meningkatkan pemenuhan gizi mikro melalui perbaikan menu keluarga bisa tercapai," tegasnya.

Masih kata Hoeda, pemanfaatan pekarangan rumah memiliki beberapa fungsi, di antaranya diperoleh sayuran yang lebih terjamin kebersihan dan mutunya, karena penggunaan pestisida yang dapat ditekan semaksimal mungkin.

Selain itu, bertanam sayuran berarti melatih seluruh anggota keluarga untuk lebih mencintai alam. Bahkan di tengah kondisi harga bahan kebutuhan pokok naik, menanam sayur mayur di kebun dapat turut membantu perekonomian dalam rumah tangga, bahkan kalau hasilnya lebih, bisa dijual ke pasar.

"Bisa dibayangkan, setiap hari kebutuhan dapur bisa mencapai lebih dari Rp20.000. Tetapi kalau punya sendiri otomatis lebih hemat," timpal istri Kades, Sri Endah Wahyuni mengakhiri penjelasan. [rof/col]

Tag : polibag, keluarga, gizi

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 05 April 2021 13:00

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com Sekitar 25 mahasiswa-mahasiswi dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban berkunjung di kantor redaksi blokTuban.com Jalan Sunan Muria No. 28 Kelurahan Latsari,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more