Harga Cabai Mahal, Ini Cara Menyiasatinya!

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Tingginya pembiayaan produksi tanaman cabai menjadi ancaman petani musim ini. Hal ini dipengaruhi berbagai kendala mulai tingginya curah hujan serta serangan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) atau hama dan penyakit.

Untuk itu, petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) menyebut perlu adanya inovasi yang bisa dilakukan petani maupun masyarakat umum. Tujuannya, agar bisa menjaga stabilitas stok dan harga komuditas cabai.

"Petani dan warga bisa menyiasati kelangkaan yang berimbas pada tingginya harga cabai dengan menerapkan pola tanam sehat dan menyehatkan," kata petugas POPT Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban, Maman di Jatirogo, Kamis (2/3/2017).

Dijelaskan Maman, petani bisa melakukan budi daya cabai yang sehat dengan sistem organik. Sebab, saat ini bisa dikatakan tanahnya sedang sakit dan perlu peremajaan tanah dengan memanfaatkan pupuk organik.

"Petani juga bisa menyiasati dengan tanam cabai secara hidroponik," imbuhnya.

Sedangkan bagi petani yang menanam cabai pada media hamparan, bisa melakukan budidaya secara agen hayati. Masyarakat umum juga bisa melakukan hal yang sama dengan memanfaatkan pekarangan yang ramah lingkungan.

"Bagi ibu rumah tangga juga bisa menyiasati mahalnya harga cabai, dengan memanfaatkan media tanam polibag dengan komposisi tiga pupuk, dua tanah, dan satu sekam atau biasanya disebut sistem 321," pungkasnya.[rof/col]