Banjir Bengawan Masuk Siaga I

Reporter: Joel Joko/blokBojonegoro.com

blokTuban.com - Tinggi muka air Bengawan Solo terus menunjukkan tren naik di papan duga Taman Bengawan Solo, Kecamatan Kota Kabupaten Bojonegoro. Bahkan, siang tadi sudah masuk Siaga Hijau atau Siaga I banjir Bengawan Solo.

Data yang diperoleh blokBojonegoro.com (blokMedia Group), Minggu (26/2/2017) dari Unit Pelaksana Teknis PSDA Wilayah Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro, sampai pukul 15.00 WIB tinggi air di papan duga TBS masih Siaga I, tepatnya 13.12 pielschaal.

Dibandingkan dengan tiga jam sebelumnya, atau pukul 12.00 WIB, ada kenaikan beberapa angka, karena pada saat itu masih 13.07 pielschaal. Diperkirakan, Siaga I sudah berlangsung sejak pukul 10.30 WIB dengan melihat tren kenaikan air yang sudah tidak cepat dibanding semalam dan dinihari tadi.

Jika tidak ada hujan lokal, maka kemungkinan besar air akan kembali turun dan tidak sampai melangkah pada Siaga selanjutnya, yakni kuning. Karena, air kiriman dari hulu yang tingg.

"Situasi dan kondisi Bengawan Solo pada posisi Siaga Hijau dengan tren naik," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daeran (BPBD) Pemkab Bojonegoro, Andik Sudjarwo. [oel/lis]