Kembangkan Mutu Profesionalisme, Guru MTs Gelar MGMP

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Memasuki pembelajaran semester genap tahun ajaran 2016-2017, guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kabupaten Tuban mengembangkan mutu profesionalisme guru melalui kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Senin (20/2/2017).

Ketua Koordinator MGMP MTs Tuban selatan Mata Pelajaran (Mapel) TIK, Husnul Mukromin mengatakan, manfaat yang bisa didapat guru setiap mapel guna memperluas wawasan dan pengetahuan. Selain itu juga untuk mewujudkan pembelajaan yang efektif sehingga siswa dapat menguasai materi pembelajaran secara tuntas.

"Itu semua untuk mengembangkan mutu profesionalisme guru sebagai pilar utama dalam manajemen kelas sehingga guru bangga terhadap profesinya," ucap Mukromin guru asal Kecamatan Parengan itu.

Mukromin menjelaskan, dalam prakteknya, kegiatan MGMP dilakukan dengan diskusi permasalahan yang dihadapi dan dialami oleh guru dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Tujuannya mencari alternatif pemecahannya sesuai dengan karakteristik mata pelajaran, kondisi sekolah, dan lingkungannya.

"Di dalam MGMP kita saling berbagi informasi dan pengalaman melalui workshop, lokakarya, forum guru, simposium, seminar, dan diklat," imbuh koordinator mapel Bahasa Jawa, Bajuri. [rof/ito]