Polres Tuban Tasyakuran Bersama Jurnalis

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Masih dalam momentum peringatan Hari Pers Nasional (HPN), Jajaran Polre s Tuban berasama jurnalis di Tuban adakan tasyakuran bersama di Gedung Serba Guna Polres Tuban, Rabu (15/2/2017).

Puluhan pewarta di Tuban yang tergabung dalam beberapa organisasi profesi, dari Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ronggolawe Press Solidarity (RPS) dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) turut hadir dalam satu ruangan tersebut.

Mewakili jurnalis yang hadir, Ketua RPS yang berbasis di Tuban tersebut, Khoirul Huda mengatakan dalam peringatan HPN yang setiap tahun jatuh pada 9 Februari itu perlu menjadi renungan masing-masing jurnalis. Selain itu, dalam hubungannya dengan aparat kepolisian harus mampu bekerjasama memberikan pelayanan dan menginformasikan sesuai peran dan tugasnya.

"Untuk jurnalis masih belum cukup memberitakan yang memunculkan hal baru di Tuban, teman media baru, hanya menulis straigh news. Serta kinerja beberapa Polsek yang bagus bisa dicontoh untuk ke depan," ujarnya.

Selain itu, Ketua PWI Tuban, Pipit Wibawanto pada momen yang sama mengungkapkan rasa terimakasih untuk tasyakuran yang diselenggarakan Polres Tuban tersebut. Atas inisiatif tersebut, patut diapresiasi.

"Harapannya hubungan baik antara PWI, RPS, AJI, IJTI dengan Polres Tuban dapat terjalin erat, ada simbiosis saling menguntungkan dan saling membutuhkan," ungkapnya.

Tasyakuran yang dalam agenda besarnya untuk sambung rasa dan silaturahmi tersebut cukup berjalan lancar. Ruangan berada di Markas Polres Tuban penuh dengan jurnalis dari online, cetak, televisi dan radio. Tidak ketinggalan, jajaran Polres Tuban turut berbaur di dalamnya.

Sementara itu, Kapolres Tuban Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Fadly Samad mengakui dalam perkembangan jaman dan pemerintahan media memiliki peranan vital. Sebagaimana dikatakan, media merupakan pilar keempat dalam tatanan pemerintahan demokrasi.

"Peran jurnalis memberi informasi, pelajaran dan sebagai kontrol sosial jika ditempatkan pada peran masing-masing. Sedangkan polisi dalam melakukan pelayanan, wartawan bertugas menyampaikan," tandasnya.[dwi/ito]