Penghujan, Sumber Air di Tuban Capai 60-121 Liter Per Detik
Reporter: Dwi Rahayu
 
blokTuban.com - Keberadaan sumber air bawah tanah di Tuban hingga saat ini terbilang cukup bagi kebutuhan masyarakat. Saat ini, pada musim penghujan, rata-rata dari beberapa sumber air mencapai 60 hingga 121 liter per detik.
 
Kaur Lingkungan Perhutani BKPH Tuban, Kacung mengatakan, sejauh ini di wilayah barat Tuban beberapa sumber air menjadi penopang kebutuhan air masyarakat. Beberapa titik di antaranya di Ngipeng, Blonde, Wolutengah, Mliwang dan lainnya.
 
"Lokasi yang ada sumber mata air masih ada ketegaan. Jika debit menurun biasanya karena cuaca," kata Kacung kepada blokTuban.com.
 
Pihaknya dalam kurun waktu tertentu melakukan penghitungan debut air. Hal itu dilakukan sebagai upaya pemantauan ketersediaan sumber air bagi masyarakat. 
 
Untuk pengukuran debit air di beberapa sumber air alami ia cukup memanfaatkan alat sederhana. Ia menggunakan bola pimpong yang dialirkan hingga jarak 20 meter. Kemudian diukur luas penampang secara berulang kali, minimal empat hingga delapan kali. Dengan data yang diperoleh kemudian dilakukan penghitungan.  [dwi/col]