Nama Desa Dagangan dah Kisah Adipati Tuban Ke-7

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Desa Dagangan, adalah salah satu desa yang berada di bagian utara Kecamatan Parengan, di desa yang memiliki enam dusun tersebut ada sebuah komplek makam tua, yang tak lain disebut warga setempat sebagai makam Bupati Tuban yang Ke-7 yakni Syekh Abdurrohman atau Kanjeng Raden Tumenggung Haryo Tedjo.

Konon, nama Desa Dagangan sendiri adalah pemberian dari Adipati Kadipaten Tuban Ke-7 tersebut, yang tak lain adalah Mbahnya para wali di tanah jawa. Sebelum akhirnya wafat dan dimakamkan di Desa Dagangan, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban.

Dari cerita yang disampaikan Juru Kunci Makam Kanjeng Raden Tumenggung Haryo Tedjo, Samani, awal mula munculnya nama Desa Dagangan adalah ketika Kanjeng Raden Tumenggung Haryo Tedjo yang saat itu masih menjabat sebagai Adipati Kadipaten Tuban mengutus salah satu orang yang masih bagian dari keluarganya untuk membuka hutan di bagian utara Kecamatan Parengan.

Setelah datang dan "mbubak alas" atau babat tanah di bagian utara Kecamatan Parengan yang sebelumnya adalah hutan belantara itu seorang utusan adipati bermukim di sana. Saat itu, kampung tersebut masih belum memiliki nama.

Tidak lama kemudian, setelah Kanjeng Raden Tumenggung Haryo Tedjo lengser dari jabatanya, atau tidak lagi menjabat sebagai Adipati, ia bersama keluarganya yang saat itu masih tinggal di Tuban menyusul utusanya tersebut. Saat datang menyusul, Kanjeng Raden Haryo Tedjo membawa sebuah dagangan berupa Gerabah. Dari situlah, Kanjeng Raden Tumenggung menamai kampung tersebut dengan nama Dagangan.

Setelah itu, datanglah para penduduk dari berbagai daerah untuk bertempat di Desa Dagangan, sehingga menjadi desa yang ramai. Kisah sang Adipati Kadipaten Tuban beserta keluarganya dan utusanya itu pun bermukim di desa dagangan, hingga wafat dan dimakamkan di Desa Dagangan.

Sementara itu, lanjut Samani (61) peninggalan-peninggalan Mbah Nggung warga sekitar menyebutnya. Berupa dua sumur, yakni Sumur Keteg dan Sumur Migit hingga saat ini masih dimanfaatkan oleh warga sekitar. Dari cerita itu cikal bakal atau utusan Mbah Nggung yang babat tanah Dagangan tidak diketahui namanya.

"Utusan Mbah Nggung tidak ada yang tahu namanya, namun dipercayai utusan tersebut adalah cikal bakal Desa Dagangan, yang makamnya ada di depan area cungkup Mbah Nggung dan bercungkup kecil," kata Samani. [hud/col]

Nama Informan: Samani
Umur: 61
Pekerjaan: Juru Kunci Makam
Alamat: RT/08 RW/01 Dusun Brangkali, Desa Dagangan, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban.