Kanwil Kumham: Wartelsus Terkoneksi Sistem Data Pemasyarakatan

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Peluncuran layanan inovasi Warung telekomunikasi Khusus (I-Wartelsus) Video Call oleh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) II B Tuban, mendapat sambutan positif dari Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Jawa timur, Budi Sulaksana.

Budi menyatakan, I-Wartelsus video Call adalah suatu layanan komunikasi yang sangat inovatif, karena memudahkan keluarga tahanan yang rumahnya jauh dari Lapas.

Dengan adanya layanan ini, tentu menjadi kemudahan bagi napi untuk menghubungi keluarganya jika rasa kangen itu tiba.

"Kalau napi kangen dengan keluarga, maka bisa gunakan I-Wartelsus video Call, selain mendengar suara juga akan langsung melihat gambar keluarga," terang Budi kepada blokTuban.com, usai menghadiri launching Jumat (10/2/2017).

Lebih lanjut dia menegaskan, bahwa program layanan I-Wartelsus video Call sangatlah aman dari potensi-potensi yang berbahaya, seperti gangguan narkoba dari luar, ataupun jaringan teroris.

Sebab, seluruh nomer yang didaftarkan ini sudah terkoneksi dengan Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) yang ada di Jakarta, jadi sudah terpantau penuh.

"Setiap nomer yang diregistrasikan langsung terkoneksi dengan SDP Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS)," pungkasnya. [nok/mu]