Usaha Gapoktan Bisa Dijadikan BUMDes

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Embrio usaha tani bisa dijadikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Langkah tersebut dianggap bisa mensukseskan desa mandiri yang sebagian besar masyarakatnya sebagai petani. Hal itu disampaikan oleh, Camat Kenduruan, Hendro Basuki ketika ditemui blokTuban.com di kantor kecamatan.

Hendro mengungkapkan, upaya tersebut untuk menstabilkan harga pangan. Permasalahan fluktuasi harga pangan sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat

"Kita tidak ingin BUMDes yang akan dibentuk asal-asalan, harus yang sudah memiliki kegiatan seperti usaha para Gapoktan," ungkapnya, Jum'at (3/2/2017).

Camat mencontohkan, dengan adanya usaha Gapoktan, pemerintah bisa memberi bantuan modal dan operasional untuk menstimulus kegiatan Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM). Tujuannya Gapoktan bisa menyerap pangan hasil produksi petani, sehingga tidak ada lagi permainan harga saat panen.

"Adanya usaha Gapoktan, petani agar dapat menyalurkan hasil produksinya secara berlanjut dan memperoleh harga yang wajar dan menguntungkan," tandas Hendro.

Di lain pihak, ketika Gapoktan berhasil mengembangkan usaha di sektor pertanian, bisa jadi pihak ketiga tertarik untuk menyuplai dana pengembangan.[rof/ito]